PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN METODE WARD & PEPPARD (STUDI KASUS: SMK TELKOM BANDUNG)

FRISCA FEBRIYANI KURNIAWAN

Informasi Dasar

21.04.4022
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandemi COVID-19 yang muncul sejak tahun 2020 memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Hal ini menuntut pelaksanaan proses pembelajaran harus dilakukan melalui jarak jauh. Namun faktanya saat ini tidak sedikit sekolah yang masih kesulitan dalam mengadakan dan melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh. Studi kasus penelitian ini adalah SMK Telkom Bandung yang mengalami permasalahan berupa integrasi antar hirarki dan departemen serta pemanfaatan data yang belum berjalan dengan optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut strategi dan implementasi SI/TI menggunakan metode Ward and Peppard dapat menjadi solusi yang tepat. Strategi dan implementasi SI/TI dapat membantu kinerja setiap departemen sehingga perencanaan operasional sekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kemudian, metode Ward and Peppard dipilih karena memiliki klasifikasi definisi SI dan TI yang terstruktur sehingga memudahkan pihak sekolah untuk memahami strategi SI/TI. Kerangka kerja ini dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahap input dan output. Tahap input meliputi analisis internal bisnis, eksternal bisnis, internal SI/TI, dan eksternal SI/TI. Pada tahap output terdiri dari perencanaan strategi bisnis sistem informasi, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI. Keluaran yang dihasilkan pada penelitian ini berupa blueprint strategi SI/TI yang diharapkan dapat meningkatkan performa SMK Telkom Bandung.

Kata kunci—COVID-19, Metode Ward and Peppard, Sektor Pendidikan, Strategi SI/TI

Subjek

STRATEGY PLANNING
 

Katalog

PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN METODE WARD & PEPPARD (STUDI KASUS: SMK TELKOM BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRISCA FEBRIYANI KURNIAWAN
Perorangan
Berlian Maulidya Izzati, Soni Fajar Surya Gumilang
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini