PURWARUPA PERTANIAN PINTAR PADA GREENHOUSE DENGAN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS UNTUK TANAMAN HORTIKULTURA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

DINA LESTARI

Informasi Dasar

21.04.4078
338.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Tanaman bunga krisan termasuk ke dalam golongan flortikultura yang merupakan jenis tanaman Hortikultura sebagai tanaman hias atau bunga potong. Kebutuhan air dan intensitas cahaya sangat penting dalam masa pembungan tanaman bunga krisan. Pembangunan Greenhouse untuk tanaman bunga krisan dengan sistem penyiraman tanaman dan pencahayaan buatan secara otomatis dapat memenuhi kebutuhan tanaman yang sesuai. Perancangan sistem ini dirancang berbasis Internet of Things (IoT). Dalam menjawab permasalahan yang ditemukan, tugas akhir ini bertujuan untuk dapat memudahkan para petani dalam mencukupi kebutuhan tanaman bunga krisan, sehingga dapat menghasilkan pembungaan yang maksimal. Petani juga dapat mendapat menghemat waktu dalam memantau tanaman bunga krisan di dalam greenhouse dari jarak jauh. Sistem yang diusulkan dikembangkan dengan metode prototyping dan pemodelan sistem dirancang menggunakan menggunakan Antares LR-ESP201 Board yang dapat menyimpan data nilai sensor dan menjadi acuan penyiraman tanaman otomatis dan pencahayaan otomatis bekerja yang dapat di pantau dari jarak jauh menggunakan monitoring pada aplikasi Android dan koneksi jaringan LoRa. Hasil dari tugas akhir ini adalah suatu sistem berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat melakukan penyiraman otomatis dan pencahayaan otomatis di dalam greenhouse dan dapat dipantau dari jarak jauh melalui aplikasi Android menggunakan jaringan koneksi LoRa. Sistem ini nantinya akan menjadi acuan bagi petani untuk pengembangan sistem lainnya. Kata Kunci: tanaman bunga krisan, Hortikultura, Greenhouse, LoRa, Internet of Things (IoT).

Subjek

AGRICULTURE
 

Katalog

PURWARUPA PERTANIAN PINTAR PADA GREENHOUSE DENGAN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS UNTUK TANAMAN HORTIKULTURA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINA LESTARI
Perorangan
Doan Perdana, Ibnu Alinursafa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini