Yayasan Ilalang pada tahun 2009 tergerak untuk mendirikan sekolah terbuka di Kecamatan Tarumajaya yakni Sekolah Ilalang sebagai alternatif bagi anak usia sekolah yang tidak mampu mengenyam/melanjutkan pendidikan akibat keterbatasan ekonomi. Pada perkembangannya, Sekolah Ilalang berhasil menorehkan berbagai penghargaan dan prestasi, namun karena keterbatasan media informasi yang dimiliki oleh pihak institusi, banyak dari masyarakat Kabupaten Bekasi—khususnya Kecamatan Tarumajaya yang belum mengetahui informasi tentang Sekolah Ilalang. Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka serta analisis SWOT dan Matriks Perbandingan, didapatkan kesimpulan bahwa pihak institusi membutuhkan identitas visual yang representatif beserta implementasinya pada media promosi yang tepat dalam usaha meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Sekolah Ilalang. Keluaran desain perangkat identitas visual dan media promosi ini diharapkan mampu untuk mengkomunikasikan kredibilitas dan integritas institusi dalam membangun citra positif di benak masyarakat sehingga menjadi suatu upaya yang bermanfaat bagi perkembangan Sekolah Terbuka Ilalang.
Kata Kunci: Identitas Visual, Promosi, Sekolah Terbuka, Sekolah Ilalang, Kabupaten Bekasi