Perataan laba merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh pihak manajemen
perusahaan dengan tujuan untuk mengurangi fluktuasi laba. Hal ini dilakukan dengan motivasi
untuk menunjukkan kinerja yang baik kepada investor, dengan memperlihatkan laba
perusahaan yang stabil. Karena investor hanya berfokus pada laba yang dihasilkan dalam
menentukan keputusan investasinya. Oleh karena itu perusahaan melakukan tindakan perataan
laba. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan
dan parsial antara Ukuran Perusahaan, Net Profit Margin dan Leverage terhadap perataan laba
pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
tahun 2016-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, net profit margin, dan
leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Sedangkan secara
parsial ukuran perusahaan, net profit margin, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap
perataan laba. Hasil penelitian ini diharapkan agar para investor memperhatikan aspek lainnya dan
tidak hanya berfokus pada laba yang ada di laporan keuangan perusahaan tersebut. Dan bagi
perusahaan agar tidak melakukan perataan laba dikarenakan dapat mengurangi kepercayaan
dari para investor.
Kata kunci : Perataan Laba, Ukuran Perusahaan, Net Profit Margin, Leverage