Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia dan termasuk ke kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Sebagai salah satu kota paling berkembang di pulai Jawa, Kota Semarang juga merupakan pusat perdagangan dan bisnis yang memiliki peranan besar terhadap perekonomian nasional. Kota Semarang juga memiliki slogan Kota Lumpia. Lumpia adalah makanan khas Semarang yang tercipta dari akulturasi dua budaya yaitu budaya Jawa dan Tionghoa, karena penduduk Semarang umumnya adalah suku Jawa dan memiliki komunitas Tionghoa yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media informasi mengenai makanan khas Semarang, yaitu Lumpia, agar masyarakat di Semarang lebih mengenal kuliner khas kota mereka dengan media yang menarik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai pemilik Toko Lumpia yang ada di Semarang, kemudian melakukan survey kuesioner kepada warga semarang dan studi Pustaka mengenai informasi kuliner Semarang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk membantu menentukan media yang tepat dalam pembuatan karya pada penelitian. Perancangan ini diharapkan bisa membuat warga di Semarang lebih terbuka wawasannya mengenai kuliner khas daerahnya masing-masing.