Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Kinerja Perusahan (Studi Kasus pada Perusahaan Keluarga Sektor Manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2018)

MUTIARA RAHAYU

Informasi Dasar

21.04.4191
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja perusahaan adalah salah satu ukuran pada perusahaan dalam melaksanakan fungsi-fungsi keuangan. Pengukuran kinerja perusahaan dalam penelitian ini menggunakan rasio pasar Tobin’s Q. Dengan menggunakan rasio Tobin’s Q dapat diketahui bagaimana kinerja perusahaan dinilai oleh pasar termasuk penilaian oleh nvestor. Salah satu faktor yang dapat memiliki pengaruh pada kinerja perusahaan adalah struktur kepemilikan. Besaran proporsi kepemilikan pada perusahaan dapat menjadi penentuan baik-buruknya kinerja perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan dan parsial antara struktur kepemilikan terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan keluarga sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015- 2018. Struktur kepemilikan yang diteliti terdiri dari konsentrasi kepemilikan, kepemilikan asing, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan keluarga sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling kemudian didapatkan sampel sebanyak 48 sampel yang terdiri dari 12 perusahaan selama empat tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, Kepemilikan asing dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sementara secara simultan struktur kepemilikan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini dapat digunakan bagi investor untuk referensi dalam mengambil keputusan terkait kepentingan investasi pada perusahaan. Sehingga investor tidak hanya melihat kinerja suatu perusahaan dari rasio laporan keuangan secara akuntansi namun juga mempertimbangkan bagaimana kinerja perusahaan dinilai oleh pasar melalui harga saham perusahaan dan aspek fundamental lainnya yang berkaitan.

Kata Kunci: Konsentrasi kepemilikan, Kepemilikan asing, Kepemilikan institusional, Kepemilikan manajerial, Kinerja Perusahaan, Tobin’s Q.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
PERFORMANCE MANAGEMENT, MANUFACTURES,

Katalog

Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Kinerja Perusahan (Studi Kasus pada Perusahaan Keluarga Sektor Manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA RAHAYU
Perorangan
SISKA PRIYANDANI YUDOWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini