PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KOMITE INDEPENDEN TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016 - 2019)

SITI NURHALIMAH

Informasi Dasar

21.04.4198
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Environmental disclosure adalah pelaporan informasi yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang dituangkan dalam laporan perusahaan meliputi pengendalian terhadap polusi, pencegahan atau perbaikan kerusakan lingkungan dan konservasi alam. Seluruh pelaksanaan environmental disclosure yang telah dilaksanakan oleh perusahaan diumumkan kepada publik melalui laporan keberlanjutan (sustainability report) yang dikeluarkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan komite independen terhadap environmental disclosure. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016 – 2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 16 perusahaan sub sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 4 tahun sehingga jumlah data yang diperoleh sebanyak 64 data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 11. Hasil pengujian penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan komite independen berpengaruh secara simultan terhadap environmental disclosure. Secara parsial, ukuran perusahaan berpengaruh secara negatif terhadap environmental disclosure, sedangkan profitabilitas dan komite independen tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure.

Kata kunci: Environmental Disclosure, Komite Independen, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
ENVIRONMENTAL, MEASUREMENT, PROFITABILITY,

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN KOMITE INDEPENDEN TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016 - 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI NURHALIMAH
Perorangan
Leny Suzan, Febrial Pratama
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini