Internet meme dianggap sebagai bentuk dari media baru yang mempunyai struktur narasi secara ekspresif, dimana
para pengguna internet mempunyai hak penuh untuk mengungkapkan pendapat mereka dan bernarasi. Fanpage
facebook menjadi salah satu media penyampaian sebuah meme internet. Munculnya isu global mengenai wabah
COVID-19 membuat fanpage meme Indonesia yaitu MRCI dan Fanpage meme luar negeri yaitu 9GAG turut membuat
konten meme COVID-19. Tujuan peneliian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tema perbincangan meme dengan
pendekatan teori Limor Shifman, (2) Untuk mengetahui bagaimana meme digunakan dalam memperbincangkan isu
global mengenai virus corona. Jenis penelitian Kualitatif menggunakan paradigma konstruktivisme yang
menggunakan teknik analisis konten Shifman. Dalam analisisnya Shifman menggunakan tiga elemen yaitu bentuk,
konten, dan sikap. Hasil penelitian ini ditemukan enam kategori meme dari fanpage MRCI dan tiga kategori meme
dari fanpage 9GAG. Konten yang bertema lonjakan COVID-19 adalah yang paling unggul di MRCI, sedangkan
konten bertema Karantina merupakan yang unggul di 9GAG. Perbincangan wabah COVID-19 pada MRCI
menggunakan meme bukan hanya untuk humor semata namun juga mengandung satir terhadap pemerintah maupun
sosial masyarakat. Terdapat adanya penambahan unsur glokalisasi dalam pembuatan konten meme COVID-19 pada
kedua fanpage MRCI dan 9GAG.
Kata kunci : internet meme, analisis konten, COVID-19