PENGEMBANGAN TENUN SONGKET SIAK UMKM TENUN BU ATUN MENJADI AKSESORIS FASHION

KHAIRANI HADY PUTRI

Informasi Dasar

21.04.4334
746.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia sudah dikenal memiliki kekayaan dan keberagaman budaya, salah satu ciri khas Indonesia adalah kain tenun. Hampir di seluruh Indonesia memiliki kain tenun khas daerahnya masing-masing. Termasuk salah satunya adalah Kabupaten Siak di Riau. Tenun Siak Riau merupakan kain tradisional ciri khas budaya Melayu yang dibuat oleh masyarakat Siak yang hingga sekarang masih dilestarikan dan dijadikan sumber perekenomian oleh sebagian masyarakat Siak.

Pada masa sekarang Tenun Siak sudah mulai memudar di kalangan masyarakat dikarenakan Tenun Siak dianggap kurang modern atau tidak mengikuti perkembangan zaman dan harga yang dibilang tidak terjangkau. Tenun Songket Siak sendiri memiliki ciri khas motif yang beragam dan kualitas yang masih tetap dipertahankan dari dulu hingga sekarang, hasil produksi tenun Siak masih banyak berupa helaian kain dan belum banyak berupa produk fashion. Hal ini karena kurangnya pengetahuan desain pengrajin untuk memanfaatkan helaian kain tenun Siak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan dan perkembangan di bidang desain produk UMKM Tenun siak dan memberikan solusi yang tepat sasar untuk sentra UMKM Tenun Siak. Berupa inovasi produk fashion untuk menambah variasi produk serta membuat inovasi ciri khas produk tenun Siak.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan sumber referensi. Dengan mendatangi langsung dan melihat hasil produksi UMKM Tenun Siak, serta beberapa sumber referensi dari penelitian yang berhubungan dengan Tenun Siak. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah produk aksesoris fashion tas dengan menggunakan kain Songket Tradisional Melayu Siak sebagai dekorasi permanen serta penambahan teknik aplikasi imbuh untuk menambah nilai produk.

Kata Kunci: Tenun, Tenun Songket Siak, Aksesoris

Subjek

FASHION ACCESSORIES
 

Katalog

PENGEMBANGAN TENUN SONGKET SIAK UMKM TENUN BU ATUN MENJADI AKSESORIS FASHION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIRANI HADY PUTRI
Perorangan
Fajar Ciptandi, Prafitra Viniani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini