PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA (Studi Kasus Di Wilayah Kuningan Barat Jakarta Selatan Periode Oktober 2012 – Maret 2013)

SITI LAZZA FAIZAH

Informasi Dasar

13.04.499
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan pangsa pasar dari Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Aqua secara berturut-turut dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2012. Penurunan pangsa pasar disebabkan karena semakin banyaknya jumlah perusahaan pesaing yang memproduksi AMDK di Indonesia. Dengan kondisi tersebut, manajemen Aqua Group dituntut untuk memperhatikan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya dengan melihat dari aspek bauran pemasaran untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen dan akan mendorong peningkatan laba perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bauran pemasaran dan teori keputusan pembelian untuk melihat bagaimana kinerja bauran pemasaran yang dilakukan Aqua Group dan bagaimana pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen di wilayah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen AMDK merek Aqua yang berada di wilayah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian analisis regresi linier berganda menunjukkan sub variabel produk, harga, promosi, dan tempat memiliki pengaruh yang positif atau berbanding lurus terhadap keputusan pembelian dengan persamaan Y = 0,331 + 0,279X? + 0,014X? + 0,053X? + 0,568X?. Pengujian hipotesis secara simultan melalui uji f menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran mempunyai pengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian,hal ini ditunjukkan dengan Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (61,524 > 2,47) dan nilai signifikansi hitung (Sig.)=0,000 lebih kecil dari nilai ?=0,05. Pengujian hipotesis secara parsial melalui uji t menunjukkan sub variabel produk dan tempat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sub variabel harga dan promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kosefisien determinasi diperoleh angka Adjusted R Square 0,71 menunjukkan bahwa 71% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat.

Kata kunci : Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Keputusan Pembelian

Subjek

MARKETING MIX
MARKETING STRATEGY, CONSUMER BEHAVIOR, MARKETING MANAGEMENT

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA (Studi Kasus Di Wilayah Kuningan Barat Jakarta Selatan Periode Oktober 2012 – Maret 2013)
 
xiv, 136p.: il.; 21 cm + lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI LAZZA FAIZAH
Perorangan
Indira Rachmawati
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM,Administrasi Bisnis
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini