ABSTRAK
Kualitas produk adalah suatu faktor penting yang mempengaruhi pelanggan dalam melakukan pembelian produk. Kualitas produk didefinisikan sebagai satu dari alat untuk mencapai posisi produk, kualitas menyatukan tingkat kemampuan suatu produk tersebut dalam melaksanakan fungsi yang diharapkan. Dari sudut pandang konsumen, kualitas seringkali digunakan sebagai indikator nilai bagaimana kualitas tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas barang atau jasa yang dikonsumsi pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu :1) Mengetahui kualitas produk IndosatM2 di kota Bandung, 2) Mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk IndosatM2 di kota Bandung dan 3) Mengetahui besarnya pengaruh kualitas produk IndosatM2 terhadap kepuasan pelanggan di Kota Bandung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausal deskriptif analisis, yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data-data yang sesuai dengan sebenarnya kemudian data-data tersebut diolah dan dianalisis untuk dapat memberikan jawaban mengenai masalah yang ada. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi : observasi non partisipan, wawancara dan kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil dari persamaan regresi sederhana yaitu Y= 1.067 + 0.120X, dalam artian bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, Sedangkan berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa nilai ttabel adalah sebesar 1.985, ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (6.125>1.985). Sedangkan berdasarkan koefisien determinasi bahwa kualitas produk memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 28,52% dan sisanya sebesar 71,48% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti citra produk, promosi dan harga.
Kata Kunci : Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan
ABSTRACT
Quality of product is an important factor influencing cutomer in doing product purchasing. Quality of product defined as one of equipment to reach position of product, quality of uniting level of ability a the product in executing function expected. From the aspect of consumer approach, quality of often applied as value indicator how the quality attributed to benefit felt to goods or service consumed by cutomer.
Intention of this research that is : 1) co-signature quality of product IndosatM2 in town Bandung, 2) co-signature customer satisfaction to product IndosatM2 in town Bandung and 3) co-signature level of influence quality of product IndosatM2 to customer satisfaction in Town Bandung.
Research method applied in this research is descriptive kausal analysed, that is research method by the way of collecting data matching with actually then the data in processing and in analysis to be able to give answer about the problem. As for data collecting technique that is with covering bibliography research and field study : observation non participant, interview and questionaire.
Based on result of research it is known that result from equation of simple regression that is Y= 1067 + 0120X, in artian that quality of product influential to customer satisfaction, While based on testing hypothesis known that value ttabel is 1985, this indicates that bigger thitung value than values ttabel ( 6.125>1.985). While based on coefficient of determination that quality of product gives influence to customer satisfaction equal to 28,52% and the rest equal to 71,48% influenced by other factor, like product image, promotion and price.
Keyword : Product Quality and Customer Satisfaction