Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-service quality
website terhadap kepuasan pelanggan Pada Website PT. Pelayaran Indonesia
(PELNI) cabang makassar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis bagaimana kualitas pelayanan elektronik yang
diberikan kepada pelanggannya melalui website, bagaimana kepuasan pelanggan
terhadap pelayanan yang diberikan, besarnya pengaruh kualitas pelayanan secara
simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan pada websitw PT. Pelayaran
Indonesia (PELNI) cabang makassar. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel
dilakukan dengan metode non-probabilty sampling jenis Purposive sampling,
dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan, e-service quality
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada website PT. Pelayaran
Indonesia (PELNI) cabang makassar. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel
(16,764 > 1660) dengan tingkat signifikasinya 0,000 < 0,005. Berdasarkan
koefisien determinasi didapat bahwa e-service quality PT. Pelayaran Indonesia
(PELNI) mampu menjelaskan kepuasan pelanggan sebesar 74,1% dan sisanya
sebesar 25,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam peneliti
ini seperti faktor harga dan program website. Kesimpulan penelitian ini, kualitas
pelayanan pada PT. Pelayaran Indonesia (PELNI) cabang makassar sudah masuk
kedalam kategori baik, namun ada beberapa item yang perlu diperbaiki seperti
pemberian kompensasi atau hadiah sebagai bentuk perhatian kepada pelanggan.
Kata kunci: PT. Pelayaran Indonesia (PELNI), E-Service Quality, dan Kepuasan
Pelanggan