DESAIN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL

HATTA ARYA DINATA

Informasi Dasar

146 kali
21.04.4395
793.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan game juga dipengaruhi oleh teknologi modern yang mendorong kreativitas dan inovasi perusahaan game untuk menciptakan game baru. Salah satu jenis game lama yang mulai dilupakan saat ini adalah game ular tangga karena game lama ini memiliki tampilan dan cara bermain yang kurang menarik. Maka dari itu perlu adanya pengembangan game ular tangga dengan menggunakan perangkat virtual reality untuk menghasilkan sebuah game ular tangga tiga dimensi. Perangkat virtual reality digunakan sebagai alat untuk pemain bisa merasakan pengalaman bermain game ular tangga tiga dimensi yang lebih menyenangkan. Adapun desain tampilan pada permainan ular tangga berbasis virtual reality dibuat menggunakan sebuah aplikasi canva yang berbasis online untuk mendesain sketsa tampilan permainan di dalam game ular tangga berbasis perangkat virtual reality. Dalam proses desain permainan ular tangga berbasis virtual reality dilakukan dengan mengikuti alur dari model waterfall sebagai langkah mendesain permainan. Pada tahap pengujian desain tampilan pada permainan menggunakan skenario pengujian user experience yang telah diuji kepada pemain game ular tangga. Adapun hasil dari pengujian desain tampilan game kepada pengguna dengan menggunakan user experience mendapatkan nilai indeks kemudahan 96% yang menunjukkan desain tampilan permainan mudah untuk dipahami ketika dimainkan. Untuk nilai indeks efisien mendapatkan 82% yang menunjukkan bahwa desain tampilan permainan memiliki kemudahan dalam memberikan informasi permainan. Dan untuk nilai indeks mudah diingat mendapatkan 84% yang menunjukkan bahwa desain tampilan game cukup mudah diingat oleh penggunanya.

Kata Kunci: Game Ular Tangga, Canva, Virtual Reality, Waterfall

Subjek

GAMES DESIGN
 

Katalog

DESAIN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HATTA ARYA DINATA
Perorangan
Anton Siswo Raharjo Ansori, Randy Erfa Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini