Gaya hidup atau lifestyle adalah pola hidup, penggunaan waktu dan uang yang dimiliki seseorang, Salah satu gaya hidup adalah berbelanja. Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, sebagian orang yang memiliki kecenderungan belanja tetap menekuni gaya hidupnya. Pandemi Covid-19 ini juga menjadi pengaruh perubahan mereka dalam hal berpakaian. Salah satunya adalah keinginan konsumen pekerja informal yang menginginkan kenyamanan, dan keamanan namun tetap trendy dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Dalam riset yang dilakukan juga dapat disimpulkan bahwa beberapa pekerja membutuhkan pakaian batik yang trendy, karena batik adalah salah satu pakaian wajib yang dikenakan pada saat bekerja di hari tertentu. Pada penelitian ini, telah dirancang busana smart casual yang diperuntukkan untuk wanita dewasa muda pekerja informal sesuai dengan keinginan serta kebutuhannya, dengan desain lebih wearable yang dipadukan dengan motif kontemporer yang dibuat menggunakan teknik batik cap. Penelitian menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif yang meliputi studi literatur, wawancara, observasi, kuesioner dan eksplorasi. Eksplorasi yang dilakukan menggunakan batik cap dengan sentuhan desain kontemporer. Adanya keinginan konsumen untuk berbelanja, dan kebutuhan pada saat bekerja menjadi latar belakang penelitian adanya suatu peluang bisnis baru untuk membuat suatu brand yang memiliki konsep ready-to-wear yang dipadukan dengan teknik batik cap kontemporer, yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan wanita dewasa muda pekerja informal, melestarikan kebudayaan indonesia serta memupuk rasa bangga dalam menggunakan batik.
Kata Kunci: Batik Cap, Kontemporer, Ready-to-Wear, Belanja, Peluang Bisnis.