PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN ANYAMAN UKM RAJAPOLAH MELALUI PENERAPAN APLIKASI IMBUH UNTUK IDENTITAS PRODUK

YASHINTA AMANDA PURBA

Informasi Dasar

21.04.4404
338
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Kecil Menengah atau biasa disebut UKM merupakan sebuah usaha ekonomi produktif yang dijalankan dengan skala kecil dan menengah yang berdiri sendiri dan dijalankan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan manapun. Produk-produk UKM banyak digemari oleh masyarakat, karena selain memiliki nilai kedaerahan yang unik, juga memiliki harga jual yang relatif rendah. Produk UKM juga memiliki peluang pasar yang cukup luas, karena memiliki potensi untuk diekspor. Namun, seiring berjalannya waktu, eksistensi produk UKM mengalami penurunan yang disebabkan oleh banyaknya permasalahan yang muncul di dalam UKM tersebut. Salah satu permasalahan yang ada di UKM Rajapolah adalah belum adanya identitas atau ciri khas, sehingga produk-produk yang dihasilkan masih terkesan random dan belum berada pada satu konsep yang sama.

Menciptakan sebuah inovasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Inovasi yang dilakukan adalah dengan menciptakan identitas pada produk UKM. Product identity yang ditampilkan tersebut nantinya akan dapat menjadi pembeda dengan produk UKM lain. Penerapan identitas tersebut dilakukan menggunakan teknik aplikasi imbuh dengan material pita satin.

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan product identity pada produk anyaman UKM Rajapolah melalui penerapan teknik aplikasi imbuh. Hasil akhir dari penelitian ini adalah produk tas anyaman mendong dengan tampilan identitas UKM Rajapolah.

Kata Kunci : Product Identity, UKM Rajapolah, Motif, Teknik Aplikasi Imbuh

Subjek

CRAFT INDUSTRY
 

Katalog

PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN ANYAMAN UKM RAJAPOLAH MELALUI PENERAPAN APLIKASI IMBUH UNTUK IDENTITAS PRODUK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YASHINTA AMANDA PURBA
Perorangan
Fajar Ciptandi, Prafitra Viniani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini