Potensi musik sebagai ekonomi kreatif di Kota Bandung memang didukung oleh keberadaan komunitas yang menjadi energi kreatif di kota Bandung. Saat ini Kota Bandung memiliki banyak sekali komunitas salah satunya komunitas musik K-Pop budaya musik pop merupakan efek dari globalisasi dan berkaitan dengan masalah sehari-hari seperti superstar, fashion, transportasi, gaya hidup, dan sebagainya yang dapat dinikmati oleh semua orang atau kalangan tertentu. Perkembangan K-Pop yang sangat signifikan akhirnya akan memunculkan kelompok penggemar yang bertujuan sebagai wadah penggemar untuk mewakili budaya partisipatif dalam mendukung para idola K-Pop dimana melalui fandom inilah beberapa aktivitas penggemar dapat terwujud. Melalui fandom tersebut biasanya kelompok penggemar K-Pop berkumpul untuk melakukan beberapa kegiatan seperti fans gathering, fans project, K-Pop festival,Konser idol . Untuk menunjukan identitasnya biasanya saat menghadiri acara K-pop, salah satunya menghadiri konser fans K-pop gemar menggunakan dan membawa banyak pernak-pernik idolnya serta meniru style berpakaian idolnya, Dengan begitu muncul banyaknya kebutuhan penggemar K-pop. Dalam penelitian ini saya tertarik untuk meneliti lebih dalam terkait kebutuhan fans K-pop di Kota Bandung saat menghadiri konser K-Pop di Indonesia.