PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP NILAI YANG DITERIMA MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA IM TELKOM BANDUNG PRODI MBTI ANGKATAN 2009, 2010 DAN 2011)

RARA DIASA DJAJATARUNA

Informasi Dasar

13.04.508
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya bauran pemasaran jasa pendidikan (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) terhadap nilai yang diterima mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Bandung pada mahasiswa prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Sekolah Manajemen Telekomunikasi dan Media IM Telkom angkatan 2009, 2010, dan 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kausalitas. Pengambilan sampel dengan probability sampling menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari kuesioner data demografi, kuesioner bauran pemasaran jasa pendidikan (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process), dan kuesioner nilai yang diterima mahasiswa. Hasil uji statistik berdasarkan nilai R menunjukkan hubungan yang kuat dan positif antara bauran pemasaran jasa pendidikan (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) terhadap nilai yang diterima mahasiswa. Sementara dengan hasil uji annova diketahui bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel dan sig F menunjukkan signifikan sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa secara simultan bauran pemasaran jasa pendidikan (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) terhadap nilai yang diterima mahasiswa. Sedangkan berdasarkan uji t, diperoleh kesimpulan yang menjelaskan bahwa secara parsial product, place, promotion, dan physical evidence tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai yang diterima mahasiswa, sedangkan price, people, dan process berpengaruh signifikan positif terhadap terhadap nilai yang diterima mahasiswa. Hasil perhitungan analisis jalur dengan model trimming berdasarkan uji R menunjukkan hubungan yang kuat antara price, people, dan process terhadap nilai yang diterima mahasiswa. Sementara dengan hasil uji annova menunjukkan bahwa price, people, dan process secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap nilai yang diterima mahasiswa. Hasil perhitungan analisis jalur dengan model trimming berdasarkan uji t menunjukkan bahwa secara parsial price, people, dan process berpengaruh signifikan positif terhadap terhadap nilai yang diterima mahasiswa. Secara keseluruhan pelaksanaan bauran pemasaran jasa pada IM Telkom adalah baik, sehingga biaya yang dibayarkan oleh mahasiswa setimpal dengan nilai yang diterima

Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process) dan Nilai Yang Diterima Mahasiswa.

Subjek

MARKETING MIX
SERVICES MARKETING, CONSUMER RESEARCH

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP NILAI YANG DITERIMA MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA IM TELKOM BANDUNG PRODI MBTI ANGKATAN 2009, 2010 DAN 2011)
 
xiii, 142p.: il.; 21cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RARA DIASA DJAJATARUNA
Perorangan
 
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] SMTM, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini