ANALISIS SENTIMEN PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH GO-PAY DI INDONESIA

LUCKY WILLIAM MARANATA

Informasi Dasar

102 kali
21.04.4445
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kebutuhan akan segala hal semakin dipermudah dengan munculnya berbagai macam inovasi di bidang teknologi yang diciptakan para generasi muda. Dan seiring perkembangan Financial Technology (FinTech) di Indonesia, banyak transaksi tidak dapat lagi dilakukan secara tunai. Metode pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, e-money, pembayaran online maupun kredit online akhirnya menjadi pilihan. Salah satu FinTech yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Go-Pay. Go- Pay menawarkan berbagai kemudahan transaksi keuangan maupun jasa layanan perusahaan untuk berbagai kalangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor preferensi konsumen dalam memilih Go-pay di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini pengguna Twitter yang melakukan penyebaran informasi menggunakan kata kunci Go-pay. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknis pengumpulan data dilakukan dengan cara crawling menggunakan software R studio versi 1.1.456 yang terhubung dengan API Twitter. Data yang diambil adalah tweet yang memuat kata “Go-Pay”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan menggunakan confusion matrix pada algoritma Support Vector Machine Kernel RBF data tweets diatas prediksi benar sebanyak 456 dan prediksi salah sebanyak 74. Hasil klasifikasi dengan algoritma SVM untuk ‘Go-Pay’ diperoleh nilai accuracy sebesar 86.04%. Dari analisis menggunakan software Orange, hanya sedikit sentimen negatif yang berupa kesedihan, simpati, putus asa, dan kemarahan.

Subjek

CUSTOMER PREFERENCE
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH GO-PAY DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUCKY WILLIAM MARANATA
Perorangan
Aditya Wardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini