SISTEM KEAMANAN BERBASIS PENGENALAN SUARA SEBAGAI PENGAKSES PINTU MENGGUNAKAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC)

FEMMY FAUZIAH

Informasi Dasar

21.04.4519
620
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan zaman serta dengan kemajuan teknologi, keamanan rumah dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan sinyal suara. Hal ini dilakukan karena menggunakan kunci konvensional dirasa kurang efektif. Voice Recognition merupakan suatu perkembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara mencocokan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu database. Dalam Tugas Akhir ini merealisasikan suatu sistem keamanan berbasis Voice Recognition menggunakan metode Mel Frequency Cepstral Coefficient (MFCC) sebagai pengekstraksi ciri serta metode Vector Quantization (VQ) sebagai kuantisasi vektor. Dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap training dan tahap testing. Sistem buka tutup pintu secara otomatis dengan pengenalan suara menggunakan arduino uno dan pemrograman python ini memanfaatkan metode Mel Frequency Cepstral Coefficient (MFCC) sebagai ekstraksi ciri dan metode Vector Quantization (VQ) sebagai kuantisasi vektor. Pada Tugas Akhir ini menampilkan output MFCC dan suara user yang berhasil dikenali. Validasi dilakukan pada jarak 10 cm dan 15 cm dalam keadaan hening dan ramai. Pada jarak 10 cm dalam keadaan hening menghasilkan akurasi sebesar 95% dan pada keadaan ramai menghasilkan akurasi sebesar 90%. Validasi pada jarak 15 cm dalam keadaan hening menghasilkan akurasi sebesar 80% dan dalam keadaan ramai menghasilkan akurasi sebesar 75%. Kata Kunci : Pengenalan Suara, Mel Frequency Cepstral Coefficient (MFCC), Vector Quantization (VQ), Voice Recognition, Python, Arduino

Subjek

ENGINEERING
 

Katalog

SISTEM KEAMANAN BERBASIS PENGENALAN SUARA SEBAGAI PENGAKSES PINTU MENGGUNAKAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEMMY FAUZIAH
Perorangan
IWAN IWUT TRITOASMORO, SYAMSUL RIZAL
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini