PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ADAPTIVE INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS) SNORT MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY UNTUK MENCEGAH SERANGAN PADA ARSITEKTUR SOFTWARE-DEFINED NETWORK (SDN)

DICKY RAHADIAN

Informasi Dasar

21.04.4534
332.632
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Intrusion Prevention System (IPS) merupakan sebuah tools yang digunakan untuk mendeteksi dan mencegah masuknya paket berbahaya ke dalam sistem yang dikirimkan dari sebuah host. Pada jaringan SDN, IPS dapat dihubungkan dengan switch yang akan menjadi firewall. Adapun IDS yang dapat digunakan pada arsitektur SDN ini salah satunya adalah Snort. Namun, IDS Snort ini sendiri memiliki sebuah kelemahan, yang dimana durasi blokir yang ditentukan akan selalu sama. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu IDS Snort agar menjadi adaptif. Sistem ini bertujuan agar waktu blokir yang diberikan berbanding lurus dengan frekuensi serangan yang datang. Pada penelitian ini, penulis merancang suatu sistem yang dapat merubah IDS Snort menjadi adaptive IPS. Adapun logika yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah logika fuzzy, yaitu logika yang menggunakan sistem keanggotaan. Sistem keanggotaan ini yang akan menentukan, apakah frekuensi paket yang datang tersebut dikategorikan sebagai serangan yang sering atau tidak, yang kemudian hasil penentuan tersebut yang akan menentukan apakah waktu blokir untuk host sumber akan terus bertambah atau tidak, apabila dalam masa blokir ternyata host sumber masih melakukan serangan, maka waktu blokir untuk host terebut akan terus bertambah. Sistem fuzzy yang dibuat diuji dengan beberapa serangan, yaitu serangan Host Discovery dan serangan Distributed Denial of Service(DDoS). Hasil yang diperoleh dari penelitian Tugas Akhir ini adalah, sistem fuzzy yang telah dirancang dapat menjadikan IDS Snort menjadi adaptive IPS, yang dimana IPS ini dapat beradaptasi dengan frekuensi serangan yang datang, serta waktu blokir yang diberikan berbanding lurus dengan frekuensi serangan. Selain itu juga, serangan Host Discovery dan serangan DDoS yang digunakan untuk pengujian ini dapat diblokir oleh sistem yang telah dirancang.

Subjek

CYBER SECURITY
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ADAPTIVE INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS) SNORT MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY UNTUK MENCEGAH SERANGAN PADA ARSITEKTUR SOFTWARE-DEFINED NETWORK (SDN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DICKY RAHADIAN
Perorangan
Sofia Naning H, Fardan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini