Di era teknologi digital yang masif ini komputasi awan sangat bermanfaat 
untuk membantu proses yang tradisional tanpa teknologi menjadi digitalisasi agar 
lebih cepat dan mudah. Teknologi komputasi awan dapat digunakan untuk aplikasi 
pelayanan pelanggan (customer care), dengan demikian pelanggan bisa 
mendapatkan respon yang lebih cepat dan mudah. Untuk melayani keluhan yang 
pengguna sampaikan maka dibutuhkan server yang selalu dapat melayani setiap 
waktu.
Dalam pengoperasian server dapat mengalami kendala pada waktu yang tidak 
dapat diprediksi. Agar server untuk setiap waktu dapat melayani pengguna aplikasi 
maka dibutuhkan sistem yang High Availability (HA) menggunakan metode 
failover dengan dua server yaitu server master dan server cadangan. Failover yaitu 
metode yang secara otomatis memindahkan permintaan data dari server utama ke 
server cadangan.
Setelah mengimplementasikan sistem yang high availability dengan metode 
failover, maka selanjutnya melakukan pengujian dengan metode the high 
availability testing dan melakukan perhitungan mean time between failures
(MTBF) dengan rumus availability = (MTBF / (MTBF + MTTR)) X 100% . Setelah 
hasil perhitungan didapatkan maka sistem sudahkan sesuai dengan standar “The 
Five Nines” yaitu 99.999% availability.