Di era teknologi digital yang masif ini komputasi awan sangat bermanfaat
untuk membantu proses yang tradisional tanpa teknologi menjadi digitalisasi agar
lebih cepat dan mudah. Teknologi komputasi awan dapat digunakan untuk aplikasi
pelayanan pelanggan (customer care), dengan demikian pelanggan bisa
mendapatkan respon yang lebih cepat dan mudah. Untuk melayani keluhan yang
pengguna sampaikan maka dibutuhkan server yang selalu dapat melayani setiap
waktu.
Dalam pengoperasian server dapat mengalami kendala pada waktu yang tidak
dapat diprediksi. Agar server untuk setiap waktu dapat melayani pengguna aplikasi
maka dibutuhkan sistem yang High Availability (HA) menggunakan metode
failover dengan dua server yaitu server master dan server cadangan. Failover yaitu
metode yang secara otomatis memindahkan permintaan data dari server utama ke
server cadangan.
Setelah mengimplementasikan sistem yang high availability dengan metode
failover, maka selanjutnya melakukan pengujian dengan metode the high
availability testing dan melakukan perhitungan mean time between failures
(MTBF) dengan rumus availability = (MTBF / (MTBF + MTTR)) X 100% . Setelah
hasil perhitungan didapatkan maka sistem sudahkan sesuai dengan standar “The
Five Nines” yaitu 99.999% availability.