PERANCANGAN SISTEM ERP MODUL SALES BERBASIS ODOO DENGAN METODOLOGI QUICKSTART (STUDI KASUS : RUMAH MAKAN AYAM BOSS MERAPI)

HERYAN CHOIRUL FIKRI

Informasi Dasar

21.04.4554
694.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro Kecil menengah berkembang pesat di revolusi industri 4.0 di seluruh penjuru dunia. Usaha Mikro Kecil menengah juga menjadi badan usaha non-pemerintahan yang menyumbang pendapatan terbesar khususnya di perekonomian negara berkembang, yang salah satunya adalah Indonesia. Rumah makan Ayam Boss Merapi adalah salah satu contoh UMKM yang sedang gencar berkembang di dunia kuliner Kabupaten Bandung, UMKM ini menjual berbagai macam olahan ayam yang lengkap dengan berbagai varian jenis sambal yang nikmat. Rumah Makan Ayam Boss Merapi sering kali kewalahan dalam menangani jumlah customer yang membeludak, khususnya di jam istirahat makan siang atau istirahat kantor, hal ini membuat proses operasional Ayam Boss Merapi pada pencatatan keuntungan dilakukan secara tergesa-gesa karena tidak adanya sistem yang mencatat secara real time transaksi penjualan. Maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengotomatisasi proses bisnis di bidang sales yang bersifat opensource dan fleksibel. Salah satu solusi menggunakan Odoo. Sistem berbasis ERP yang andal dan cepat beradaptasi dengan lingkungan proses bisnis, khususnya untuk UMKM menjadi environment yang optimal bagi Odoo untuk diterapkan arsitektur sistem rumah makan Ayam Boss Merapi. Metode pengembangan yang sesuai dengan pengimplementasian ERP pada operasional bisnis rumah makan adalah dengan menggunakan Quickstart. Metode ini membantu rangkaian implementasi dapat dilakukan dengan cepat dan biaya murah. Hasil penelitian ini adalah untuk merancang sistem ERP pada modul sales yang dapat mengintegrasi data penjualan rumah makan dan mengotomasi perhitungan laba yang didapat oleh rumah makan tanpa harus menghitung transaksi satu-persatu. Sebagai acuan berhasilnya implementasi rancangan ERP ketika fitur Create Quotation, Create Customer, Reporting Sales Analysis, Edit Quotation, Delete Quotation, Edit customer, Delete customer, Create product, Edit product, Delete product, Create purchase order, Edit purchase order, Delete purchase order, Validate RFQ, Create vendors, Edit vendor, Delete vendor, Validate customer invoice, Delete customer invoice, Validate register payment, dan Print invoice diuji menggunakan pengujian black box testing dan dapat dijalankan sesuai fungsionalitasnya. Penelitian ini menjelaskan bagaimana sistem ERP berbasis Odoo bisa membantu meningkatkan keefektifan dalam proses bisnis di bidang sales pada UMKM Rumah Makan Ayam Boss Merapi.

Kata Kunci : Sales, Margin Analysis, ERP, Odoo, Metode Quickstart, Blackbox Testing

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM ERP MODUL SALES BERBASIS ODOO DENGAN METODOLOGI QUICKSTART (STUDI KASUS : RUMAH MAKAN AYAM BOSS MERAPI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERYAN CHOIRUL FIKRI
Perorangan
Warih Puspitasari S, Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini