Adanya pandemi covid-19 berdampak pada bidang Pendidikan yang membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk anak sekolah yang mengahruskan melakukan pembelajaran daring di rumah. Maka dari itu sangat diperlukan kerjasama dari orang tua dalam mendampingi anak selama melakukan proses belajar daring karena guru tidak bisa mengajar secara tatap muka langsung dengan
muridnya, yang mana anak pada usia sekolah dasar memerlukan pendamping selama belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal orang tua dalam pendampingan proses pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 di SDN Ibu Dewi 6 Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori komunikasi interpersonal menurut Joseph De Vito dengan proses keinginan berkomunikasi, encoding oleh komunikator, pengiriman pesan, penerimaan pesan, decoding, umpan balik. Metode yang digunakan adalah
penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua (Ibu) yang
memiliki anak masih duduk dibangku sekolah dasar (SD) yang sedang melakukan
pembelejaran daring. Hasil penelitian menunjukkan orang tua selalu memiliki
keinginan berkomunikasi dengan anak melalui pendekatan dan komunikasi yang
baik, selalu menerangkan materi pada anak agar anak mudah memahami
pembelajaran ketika didampingi orang tua. Faktor pendukung dalam pembelajaran
orang tua menyediakan suasana dan lingkungan yang nyaman untuk belajar anak
agar memudahkan anak dalam belajar karena dengan lingkungan yang nyaman
dapat membuat anak semangat serta menjadi lebih fokus dalam belajar. Hal ini
dilakukan dengan cara membuatkan ruangan belajar anak lebih nyaman dan
menarik, perhatian khusus untuk anak dan memberikan motivasi-motivasi untuk
anak.
Kata kunci : komunikasi interpersonal, orang tua dan anak, belajar daring