Pelatihan adalah proses sistematis yang dapat mengubah tingkah laku, dan meningkatkan pengetahuan, serta keterampilan sumber daya manusia. Pelatihan bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi, yang berkaitan dengan keahlian dan kemampuan.
Abstrak merupakan gambaran ringkas hasil penelitian, yang perlu disajikan secara menarik agar pembaca tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas program pelatihan yang diselenggarakan Pusdiklat Kemensetneg, pendekatan evaluasi yang digunakan adalah metode Kirkpatrick Four-Levels diantaranya, , level 1 reaction (reaksi), level 2 learning (pembelajaran), level 3 behavior (Perilaku) dan Level 4 result (Hasil).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis),proses perhitungan dengan bantuan SPSS ver. 23. Responden dalam penelitian ini bejumlah 94 responden yang merupakan peserta pelatihan fungsional di Pusdiklat Kemensetneg pada bulan Januari-Agustus 2020.
Berdasarkan analisis deskriptif dapat ditarik kesimpulan variabel level 1 reaction (reaksi), level 2 learning (pembelajaran), level 3 behavior (Perilaku) dan Level 4 result (Hasil) berada pada kategori “sangat baik”. Hubungan antara variabel reaction terhadap variabel behavior tidak berpengaruh signifikan, hal tersebut menunjukkan semakin tinggi reaksi peserta pelatihan terhadap program pelatihan belum tentu dapat mempengaruhi perilaku mereka. Hubungan learning terhadap behavior berpengaruh signifikan, hal ini menunjukkan semakin tinggi pembelajaran yang dilakukan oleh peserta pelatihan pada program pelatihan maka semakin besar pula kemungkinan perubahan perilaku mereka. Hubungan antara reaction dan learning terhadap behavior berpengaruh secara signifikan, hal ini menunjukkan apabila reaksi peserta pelatihan digabungkan dengan proses pembelajaran pada saat pelatihan maka semakin meningkat pula peluang perubahan perilaku peserta pelatihan. Dan selanjutnya hubungan antara behavior terhadap result, hal ini menunjukkan kebiasaa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dapat memberikan dampak pada hasil kerja para peserta pelatihan.
Kata Kunci : Evaluasi Pelatihan, Model Kirkpatrick, Pusdiklat Kemensetneg