PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

INKA NOPRIANTA BR SINURAYA

Informasi Dasar

21.04.4606
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama bagi setiap perusahaan. Tingginya nilai perusahaan penting bagi perusahaan karena menandakan perusahaan tersebut memiliki kinerja yang bagus dan dinilai mampu memberikan kemakmuran bagi para investor. Oleh karena itu, investor akan lebih tertarik untuk berinvestasi di perusahaan yang memiliki nilai perusahaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage (DER), pertumbuhan perusahaan (GROWTH), investment opportunity set (MBVE), dan kebijakan dividen (DPR) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) pada perusahaan yang Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang sudah di audit. Laporan keuangan yang digunakan diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 16 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun sehingga menjadi 80 data sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 11. Penelitian ini menunjukkan bahwa leverage (DER), pertumbuhan perusahaan (GROWTH), investment opportunity set (MBVE), dan kebijakan dividen (DPR) secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Secara parsial leverage berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi perusahaan agar tidak menggunakan leverage lebih dari 50% dan lebih meningkatkan perencanaan investasi untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INKA NOPRIANTA BR SINURAYA
Perorangan
Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini