Pada umumnya tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan kemakmuran para pemegang saham dengan memaksimalkan nilai perusahaannya. Nilai perusahaan mencerminkan baik atau tidaknya kinerja suatu perusahaan yang dapat dilihat dari peningkatan harga saham dipasar modal. Semakin tinggi nilai perusahaan, memberikan sinyal positif kepada investor terhadap peluang investasi, sehingga para investor dapat tertarik untuk menanamkan modalnya nperusahaan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari keputusan pendanaan, likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020.Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh jumlah unit sampel sebanyak 44 data. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel menggunakan software Eviews versi 12.
Berdasarkan hasil pengujian, variabel keputusan pendanaan, likuiditas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran
perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel keputusan pendanaan, likuiditas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini disarankan dapat dijadikan sebagai referensi penelitian yang baik dan dapat diteliti kembali
menggunakan variabel independen yang berbeda dan periode waktu terbaru. Serta bagi investor, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi tambahan untuk pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Dan bagi perusahaan, disarankan kepada manajer perusahaan menjaga ketersediaan dana internalnya, untuk dapat membiayai aktivitas operasi perusahaan serta investasinya. Dengan demikian, tentunya dapat meningkatkan kepercayaan pihak eksternal pada peluang perusahaan dimasa depan, dan berpengaruh terhadap peningkatan nilai perusahaan.
Kata Kunci : Keputusan Pendanaan, Likuiditas, Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan
Ukuran Perusahaan