Transfer pricing adalah harga transaksi yang terkandung didalam setiap produk atau jasa dari satu perusahaan ke perusahaan lain (inter-company transfer pricing) atau dari satu divisi ke divisi lainnya dalam satu perusahaan (intracompany transfer pricing) yang memiliki hubungan istimewa. Perusahaan cenderung melakukan penggeseran kewajiban perpajakannya dari negara yang memiliki tarif pajak tinggi ke negara yang bertarif pajak lebih rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh tax minimization, tunneling incentive terhadap transfer pricing dengan company size, leverage dan profitabilitas sebagai variabel kontrol baik secara simultan maupun parsial terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 21 sampel perusahaan dengan periode selama 5 tahun sehingga memperoleh 105 total observasi penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah regresi logistik dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan tax minimization, tunneling incentive, company size, leverage dan profitabilitas sebagai variabel kontrol berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Variabel tax
minimization dan tunneling incentive secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan jenis perusahaaan lain yang tidak hanya dalam lingkup perusahaan manufaktur untuk dapat membuktikan apakah memperoleh hasil yang sama seperti sektor pertambangan, sektor pertanian dan sektor lainnya serta sangat disarankan untuk menambah variabel independen lain yang dapat mempengaruhi keputusan transfer pricing seperti exchange rate, mekanisme bonus dan multinationality. Peneliti selanjutnya juga dapat menambahkan periode tahun penelitian yang akan menambah jumlah sampel.
Kata kunci: Tax Minimization, Tunneling Incentive, Company Size, Leverage, Profitabilitas, Transfer Pricing