Pada dasarnya tujuan utama perusahaan adalah untuk mendapat laba yang optimal,supaya perusahaan memperoleh laba yang sesuai dengan target, perusahaan perlu menyusun perencanaan laba yang baik kemampuan perusahaan memprediksi kondisi perusahaannya untuk masa yang akan datang juga perlu, dan mengamati faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi laba,jika perusahaan mampu menekan biaya yang keluar sehingga laba yang diterima dapat meningkat, selain itu perusahaan juga perlu memperhatikan volume penjualan, perusahaan perlu memberikan target jumlah barang yang dijual sehingga dapat meningkatkan laba yang diinginkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh volume penjualan dan biaya operasional terhadap laba bersih secara simultan dan parsial, pada penelitian ini menggunakan objek perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019.Populasi pada penelitian ini berjumlah 13 perusahaan namun hanya terdapat 11 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sample pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan pengelolahaan data menggunaan Eviews versi 11.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah volume penjualan dan biaya operasional secara bersama-samaberpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019.Secara Parsial,volume penjualan berpengaruh negatif terhadap laba bersih sedangkan biaya operasional berpengaruh positif terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya periode 2016-2019.