Pengaruh Growth, Firm Size, Profitability, dan Environmental Performance terhadap Carbon Emission Disclosure (Studi pada Perusahaan Industri High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

EKSI PUSPITA RINI

Informasi Dasar

21.04.4632
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Carbon emission adalah pelepasan karbon (CO2) ke atmosfer yang menyebabkan perubahan iklim. Indonesia menghasilkan carbon emission yang terus meningkat setiap tahunnya. Carbon Emission Disclosure adalah suatu bagian dari Carbon Accounting, yaitu keharusan perusahaan untuk melakukan pengakuan, pengukuran, pencatatan, penyajian dan pengungkapan carbon emission. Carbon emission disclosure adalah sebuah pengungkapan lingkungan pada sustainability report yang seharusnya diungkapkan oleh perusahaan terutama perusahaan high profile, namun faktanya pengungkapan ini masih sangat jarang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui growth, firm size, profitability, environmental performance dan carbon emission disclosure. Tujuan lain yaitu untuk menentukan pengaruh dari growth, firm size, profitability, dan environmental performance terhadap carbon emission disclosure secara simultan maupun parsial pada perusahaan industri high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling dan diperoleh 23 perusahaan selama periode empat tahun, sehingga menghasilkan 92 sampel penelitian. Jenis data yang dipakai yaitu data sekunder. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 11 Student Version.

Hasil studi menunjukkan bahwa growth, firm size, profitability, dan environmental performance berpengaruh simultan terhadap carbon emission disclosure. Secara parsial, variabel environmental performance dan firm size berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure. Variabel profitability berpengaruh negatif terhadap carbon emission disclosure, sedangkan variabel growth tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Growth, Firm Size, Profitability, dan Environmental Performance terhadap Carbon Emission Disclosure (Studi pada Perusahaan Industri High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKSI PUSPITA RINI
Perorangan
Muhammad Muslih, Febrial Pratama
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini