Sentiment Analysis Destinasi Wisata Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah

ADHITYA BAGUS KURNIAWAN

Informasi Dasar

103 kali
21.04.4648
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kabupaten Pati terletak di pesisir Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Pati memiliki potensi wisata yang masih dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan dan menambah pendapatan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pati. Memanfaatkan teknologi yang ada, penelitian ini menggunakan metode analisis sentimen dengan memanfaatkan ulasan dari wisatawan melalui google maps. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah web scrapping. Data yang diambil berupa ulasan pengunjung destinasi wisata di Kabupaten Pati yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 6.746 ulasan. Data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis sentimen menggunakan metode vander melalui tools orange. Hasil dari analisis yang didapat menggambarkan bahwa pengunjung destinasi wisata di Kabupaten Pati cukup puas dengan destinasi wisata Kabupaten Pati. Wisatawan memberikan sentimen positif kuat menunjukkan angka 1.557 kali, positif biasa berjumlah 1.497 kali. Sedangkan pada sentimen netral berada pada urutan teratas dengan jumlah 61,17% dari sample, disusul oleh kategori positif dengan jumlah 31,06% dan negatif berada pada urutan paling bawah dengan 7,76%. Rata-rata wisatawan memberikan bintang 4,24 terhadap destinasi wisata di Kabupaten Pati. Terdapat sepuluh destinasi wisata yang mendapatkan ulasan terbanyak melalui google maps yaitu Agro Tourism Jollong, Goa Pancur Jimbaran, Waduk Gunung Rowo, Pati Town Square, Amazon Waterland And Themepark, Cafe Gedung Juang, Pati City Park, Lorotan Semar Waterfall, Bukit Pandang Jatipohon, Alun-Alun Juwana. Terdapat keluhan mengenai beberapa fasilitas pendukung tempat wisata tentu menjadi perhatian utama bagi pengelola. Hal ini bertujuan agar wisatawan semakin tertatik untuk berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Pati dan meningkatkan kenyamanan wisatawan saat berkunjung. Kata kunci: Analisis Sentimen, vander, google maps, destinasi wisata, Kabupaten Pati.

Subjek

Marketing - business
 

Katalog

Sentiment Analysis Destinasi Wisata Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHITYA BAGUS KURNIAWAN
Perorangan
Fauzan Aziz
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini