SKEMA ALOKASI SUMBER DAYA RADIO JOINT GREEDY DENGAN METODE POWER CONTROL PADA SISTEM KOMUNIKASI D2D UNDERLAYING

REZHA AULIA RIYANDA

Informasi Dasar

21.04.4651
343.099 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem komunikasi Device to Device (D2D) merupakan sistem komunikasi yang dilakukan antara dua buah perangkat tanpa melalui eNodeB sehingga dapat meringankan beban kerja eNodeB. Komunikasi D2D menggunakan resource yang sama dengan resource yang digunakan oleh Celluler User Equipment ( CUE ) atau yang disebut dengan komunikasi D2D underlaying. Penggunaan resource secara bersamaan ini menyebabkan terjadinya interferensi. Pada penelitian ini akan membahas mengenai skema alokasi pada resource untuk mengurangi terjadinya interferensi menggunakan metode simulasi.

Skema pengalokasian resource dilakukan pada single cell dengan arah komunikasi uplink menggunakan algoritma joint greedy yang kemudian dibandingkan dengan algoritma greedy. Algoritma ini mengalokasikan resource dengan input SINR dalam bentuk kapasitas. Resource yang telah teralokasi akan ditambahkan metode water filling power control yang bertujuan agar daya teralokasi sesuai dengan kondisi kanal.

Setelah melakukan skema pengalokasian kemudian dilakukan perhitungan dan analisis terhadap parameter performansi. Hasil simulasi menunjukkan algoritma joint greedy dengan metode water filling power control menghasilkan parameter performansi yang paling baik yaitu 2.64 x 10 8 bps pada sumrate, 29.343 bps/Hz pada efisiensi spektral, dan 0.939 x 10 7 bps/watt pada efiensi energi. Selain ini menghasilkan indeks fairness D2D sebesar 0.996 dan 0.584 pada indeks fairness eNodeB.

Subjek

Telecommunication
 

Katalog

SKEMA ALOKASI SUMBER DAYA RADIO JOINT GREEDY DENGAN METODE POWER CONTROL PADA SISTEM KOMUNIKASI D2D UNDERLAYING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZHA AULIA RIYANDA
Perorangan
Nachwan Mufti Adriansyah, Vinsensius Sigit
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini