Pengelolaan data yang ada pada asrama Universitas Pasundan saat ini masih menggunakan cara yang manual yaitu melalui pembukuan terutama data yang diproses helpdesk karena helpdesk adalah petugas yang selalu berinteraksi dengan penghuni asrama khususnya dalam menangani pengelolaan data. Karena proses yang masih manual, seringkali muncul masalah yang terjadi pada saat proses penginputan data penghuni asrama, pembuatan laporan penghuni, penginputan data pembayaran denda, pembuatan laporan pembayaran denda dan pelaporan kebersihan dikarenakan sistem pengolahan data asrama yang masih manual dan kurang efisien. Maka munculah gagasan dibangun sebuah sistem aplikasi helpdesk asrama pasundan dengan tujuan mempermudah helpdesk dan koordinator/admin dalam mengolah data asrama. Metode yang digunakan dalam pengerjaan Aplikasi ini adalah Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan editor menggunakan Notepad++ dan Sublime. Database yang digunakan adalah MySQL. Aplikasi ini dapat diakses oleh 3 pengguna yaitu Admin/Koordinator, Helpdesk dan Penghuni Asrama. Karena menggunakan metode waterfall tahap-tahap nya adalah analisis, desain, koding, testing dan perbaikan.
Kata Kunci: Asrama, Helpdesk, Waterfall