Perkembangan teknologi yang berkembang pesat melahirkan adanya Financial Technology yang
mengeluarkan produk e-money atau uang elektronik. Adanya e-money membantu dan memudahkan masyarakat dalam
melakukan transaksi jarak jauh ataupun transaksi pembayaran langsung dengan efesien. Aplikasi dompet digital
DANA menjadi objek penelitian ini merupakan perusahaan yang dikembangkan oleh PT. Elang Mahkota Teknologi,
Tbk dan Ant Financial (Alipay) pada maret 2018. Walaupun Aplikasi Dana baru dirilis tahun 2018, Aplikasi Dana
mempunyai pengguna aktif terbanyak di Indonesia ketiga disusul oleh OVO dan Gopay. Hal ini menunjukan bahwa
minat kelanjutan pelanggan pada aplikasi DANA berkembang dibanding dengan aplikasi e-money lainnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna Aplikasi
Dana menggunakan pendekatan model UTAUT2. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode
kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online via Google Forms. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak
390 responden yang berdomisili di Indonesia dengan instrument pengumpulan data 33 item pertanyaan pada kuesioner
dari 9 konstruk yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Structural
Equation Modelling (SEM) dengan software WarpPLS 7.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh kepada keinginan masyarakat
Indonesia untuk menggunakan Aplikasi DANA adalah Performance Expectancy, Social Influence, Hedonic
Motivation, Price Value dan Trust. Lalu adopsi sesungguhnya dipengaruhi oleh faktor Facilitating Condition dan
Behavioral Intention.
Kata Kunci : Adopsi, Aplikasi Dana, E-Money, SEM, UTAUT2, WarpPLS 7.0