PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN TEMUAN AUDIT BPK TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Kabupaten/Kota Provinsi Papua Tahun 2012-2016)

IRYANDINI WULAN SUCI RAMADANIA

Informasi Dasar

21.04.4733
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu cara untuk mengukur keberhasilan atau kinerja suatu negara atau wilayah digunakan skor Kinerja Pemerintah Daerah. Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi yang mempunyai status Kinerja Pemerintah Daerah yang tinggi di Indonesia pada tahun 2016. Namun, Provinsi Papua berada di peringkat kinerja terendah. Sejumlah Kabupaten di Provinsi Papua turut berada di urutan terbawah dalam pemeringkatan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pemerintah daerah yang diproksikan menjadi Tingkat Ketergantungan pada Pemerintah Pusat, Tingkat kekayaan Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah dan Temuan Audit BPK terhadap Kinerja Pemerintah Daerah di Kabupaten/Kota Provinsi Papua selama tahun 2012-2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan Common Effect dengan waktu penelitian tahun 2010-2014. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 29 Kabupaten/Kota. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 12 Kabupaten/Kota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Ketergantungan pada Pemerintah Pusat, Tingkat Kekayaan Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah dan Temuan Audit BPK secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Secara parsial, Tingkat Ketergantungan pada Pemerintah Pusat tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, Tingkat Kekayaan Daerah berpengaruh positif terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah berpengaruh negatif terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, sedangkan Temuan Audit BPK tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pemerintah Daerah.

Kata Kunci: Kinerja Pemerintah Daerah, Tingkat Ketergantungan pada Pemerintah Pusat, Tingkat Kekayaan Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah, Temuan Audit BPK

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN TEMUAN AUDIT BPK TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Kabupaten/Kota Provinsi Papua Tahun 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRYANDINI WULAN SUCI RAMADANIA
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini