Makna Cantik Dalam Iklan Dove "Beragam Kecantikan, Satu Indonesia"

RATU RATNA NINGRUM ZULKARNAIN

Informasi Dasar

115 kali
21.04.4734
659.134
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Iklan-iklan produk kecantikan seringkali menggunakan perempuan sebagai modelnya, begitu juga dengan Dove yang mengeluarkan iklannya yang terbaru. Kali ini Dove mengeluarkan iklan yang dalam iklannya tersebut Dove menyatukan semua produknya dalam satu iklan berbentuk sebuah kampanye tentang kecantikan perempuan Indonesia yang beragam. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana makna kecantikan perempuan menurut iklan Dove versi “Beragam Kecantikan, Satu Indonesia”. Penelitian ini menggunakan teori Semiotika milik Charles Sanders Peirce dengan metode triangle meaning untuk menganalisis lebih lanjut makna cantik dalam iklan Dove tersebut. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan kritis Hasil penelitian ini menunjukan bahwa banyak sekali definisi cantik. Terlebih lagi, cantik bukan hanya soal fisik akan tetapi juga kecantikan perempuan dilatar belakangi oleh kepercayaan diri, budaya, karir, dan pendidikan. Iklan Dove juga mencoba mengatakan bahwa produk Dove berpihak kepada seluruh perempuan yang ada. Selain itu, juga Dove ingin mencoba menyampaikan kepada pembaca terutama perempuan bahwa mereka memiliki kecantikan tersendiri yang tidak pernah disadari oleh perempuan tersebut.

Kata Kunci : Iklan, Semiotika, Semiotika Charles Sanders Peirce, Cantik.

Subjek

ADVERTISING MEDIA
 

Katalog

Makna Cantik Dalam Iklan Dove "Beragam Kecantikan, Satu Indonesia"
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATU RATNA NINGRUM ZULKARNAIN
Perorangan
Ruth Mei Ulina Malau
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

  • SK632083 - STUDI MEDIA DAN BUDAYA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini