ABSTRAK
Gerai Sempol Ayam Crispy Maw.Ih merupakan sebuah bisnis yang bergerak di
bidang kuliner yang akan dibuka di Kota Bandung dengan menggunakan sistem
take away service. Sempol Ayam Crispy merupakan sejenis gorengan berbentuk
lonjong dan ditusuk dengan menggunakan tusuk sate, dibuat dari tepung tepung
tapioka dan ayam dan dibaluti dengan telur dan tepung roti. Sempol Ayam Crispy
terdiri dari dua rasa yaitu original dan pedas, disajikan dengan beberapa varian
saus yaitu saus sambal, saus tomat, saus keju, saus barbeque, saus mayonnaise dan
terdapat topping keju mozarella.
Pada penelitian ini aspek pasar diteliti dengan menyebarkan kuesioner kepada 100
responden yang merupakan penduduk Kota Bandung dengan kisaran usia 15-64
tahun. Penelitian aspek pasar ini bertujuan untuk mengetahui pasar potensial,
pasar tersedia, dan pasar sasaran Sempol Ayam Crispy Maw.Ih. Hasil penyebaran
kuesioner ini menunjukkan persentase banyaknya pasar potensial yaitu 94%, pasar
tersedia yaitu 90%, dan untuk pasar sasaran, Sempol Ayam Crispy Maw.Ih
menentukan menargetkan sebesar 0,4% dari pasar tersedua, Untuk aspek teknis
dan aspek finansial digunakan data sekunder yang didapatkan dari beberapa
sumber.
Hasil perhitungan kelayakan diproyeksikan selama lima tahun menunjukkan
bahwa persentase MARR sebesar 13%, nilai Net Present Value (NPV) yaitu
sebesar Rp123.256.159, persentase Internal Rate of Return (IRR) sebesar 59%,
dan Pay Back Period (PBP) selama 1 tahun 9 bulan. Dikarenakan nilai NPV > 0,
nilai IRR>MARR, dan PBP tidak lebih besar dari masa proyeksi keuangan, maka
pembukaan gerai Sempol Ayam Crispy Maw.Ih ini layak. Berdasarkan hasil
analisis sensitivitas terhadap kenaikan biaya bahan baku didapatkan nilai
interpolasi sebesar 30,9%, sedangkan sensitivitas terhadap penurunan harga jual
produk didapatkan nilai interpolasi sebesar 10,7%.
Kata kunci: analisis kelayakan, NPV, IRR, PBP, MARR