ABSTAK
Fathan Mandiri merupakan salah satu dari UKM yang bergerak dibidang indutri makanan ringan yaitu kripik pisang dengan banyak varian rasa.Fathan Mandiri telah berdiri sejak tahun 2016, namun belum mampu mencapai target penjualan yang diharapkan, Fathan Mandiri telah menerapkan beberapa bauran komunikasi pemasaran masih belum optimal. Tugas akhir ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan terhadap bauran komunikasi pemasaran Fathan Mandiri dengan menggunakan metode benchmarking dan alat bantu Analitical Hierarchi Process. Benchmarking dilakukan kepada kompetitor terbaik yang dipilih dengan menggunakan metode AHP, sehingga diperoleh rancangan perbaikan guna mengoptimalkan bauran komunikasi pemasaran Fathan Mandiri. Diharapkan rekomendasi ini mampu meningkatkan kualitas kemasan dari produk kripik pisang, testimony semakin banyak, kerja sama dengan reseller semakin banyak, jenis promosi yang lebih bervariasi, dapat membuat website untuk Fathan Mandiri, kripik pisang dapat dipasarkan di e-marketplace, penggunaan instagram yang lebih masif , dan penggunaan social media untuk berkomunkasi dengan customer.
Kata Kunci : Fathan Mandiri, Analitical Hierarchy Process, Benchmarking, UKM