ANALISIS PERILAKU DAN KESADARAN KEAMANAN INFORMASI PADA PENGGUNA APLIKASI ZOOM DI ERA COVID-19 (STUDI KASUS DI INDONESIA)

MUFIDATUL AZMI

Informasi Dasar

21.04.4813
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi terus mengalami perkembangan, dan telah menjadi kebutuhan, khususnya ditengah pandemic Covid-19 yang sedang melanda, kebutuhan untuk melakukan pertemuan secara online menyebabkan peningkatan pengguna aplikasi Zoom meeting, sebagai salahsatu aplikasi video Conference yang memiliki peningkatan jumlah pengguna yang cukup signifikan di era Covid-19, dikutip dari Statqo Analytics jumlah pengguna zoom di Indonesia hingga maret 2020 mencapai 257.853 pengguna. Namun ditengah peningkatan jumlah pengguna, Zoom menjadi korban kejahatan cyber, yang menyebabkan kebocoran data pengguna, selain itu ada pula isu zoombombing yang merupakan aksi serangan dari pihak luar yang masuk ke ruang rapat online dengan tujuan untuk mengganggu berjalannya rapat online. Namun hal ini tidak mempengaruhi jumlah pengguna Zoom. Perilaku penggunaan teknologi yang tidak tepat dan tingkat kesadaran keamanan informasi yang masih rendah menjadi salah-satu penyebab terjadinya kejahatan cyber. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perilaku dan kesadaran keamanan informasi pada pengguna aplikasi Zoom, khususnya di era Covid-19. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah RBS (Risky Behavior Scale), CBS (Conservative Behavior Scale), EOS (Eksposure Offence Scale), dan RPS (Risk Perception Scale). Pengumpulan data menggunakan kuesioner online dengan jumlah responden sebanyak 400 dengan teknik analisis data menggunakan Independent Sample T Test, Mann whitney, One Way Anova, Kruskal Wallis, dan Spearman Rank yang diolah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara demografi terhadap perilaku dan kesadaran keamanan informasi, waktu penggunaan internet harian mempengaruhi perilaku dan kesadaran keamanan informasi. Terdapat korelasi positif antar skala yang digunakan, hal ini menunjukkan bahwa, ketika perilaku berisiko meningkat, maka tingkat kehati-hatian dan persepsi terhadap risiko juga meningkat. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam perancangan program pelatihan khusus, terkait dengan perilaku dan kesadaran keamanan informasi pada pengguna aplikasi video conference khususnya zoom.

Kata kunci: Perilaku Keamanan Informasi, Kesadaran Kemanan Informasi, Zoom Video Conference, Covid-19

Subjek

INFORMATION SECURITY MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PERILAKU DAN KESADARAN KEAMANAN INFORMASI PADA PENGGUNA APLIKASI ZOOM DI ERA COVID-19 (STUDI KASUS DI INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUFIDATUL AZMI
Perorangan
Candiwan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini