PERANCANGAN PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA DI BANDUNG

MIFTHAKHUL JANNAH IBRAHIM

Informasi Dasar

21.04.4822
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK PERANCANGAN PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA DI BANDUNG Mifthakhul Jannah Ibrahim Desain Interior, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Sukapura, Bandung, Jawa Barat 40257

Lanjut usia merupakan tahap akhir siklus kehidupan manusia, dimana pada tahapan ini terjadi penurunan kondisi fisik dan psikologis yang dialami lansia terkait masalah kesehatannya seperti gangguan keseimbangan, kebingungan mendadak, dimensia dan lain-lain. Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2014, Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi lansia yang besar di dunia, dan Kota Bandung merupakan salah satu penyumbang lansia terbesar di Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan tersebut banyak panti yang berdiri dengan fasilitas yang tidak sesuai dengan standar dan faktor-faktor penting seperti kenyamanan, keamanan dan kesehatan lansia tidak diperhatikan dengan baik yang mengakibatkan lansia kesulitan mendapatkan kenyamanan di panti sosial sebagai lingkungan tempat tinggalnya yang baru.

Perancangan pada panti sosial ini berfokus pada lansia yang berjenis kelamin perempuan usia 60 tahun< yang bertujuan menciptakan sebuah panti sosial yang dapat mengoptimalkan segala aktivitas yang ada sesuai dengan kebutuhan – kebutuhan khususnya mencakup keterbatasan fisik, maupun psikologis lansia. Sehingga dapat menunjang kesejahteraan serta kesehatan jasmani dan rohani lansia untuk dapat beraktivitas dan tetap produktif.

Konsep yang diangkat dalam Perancangan Panti Sosial Tresna Werdha di Bandung ini adalah “Golden Memories and Life Satisfaction” dimana para penghuni panti sosial adalah lansia yang telah berada pada tahapan usia paling

tinggi dalam kehidupan manusia. Diharapkan dalam perancangan ini lansia dapat melalui hari tua dengan tercapainya kesejahtraan jasmani maupun rohani dan kepuasan dalam kehidupan dengan terciptanya memori yang indah pada fase terakhir dalam kehidupan ini. Golden Memories diwujudkan dengan keselarasan desain interior yang mendukung keterbatasan yang dialami oleh lansia, sehingga dapat mempermudah aktivitas sehari-hari yang memberikan memori dan kenangan yang indah dalam kehidupannya.

keyword: Panti Sosial, Lanjut Usia, Bandung

Subjek

INTERIOR DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA DI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTHAKHUL JANNAH IBRAHIM
Perorangan
Tri haryotedjo, Erlana Adli Wismoyo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini