Strategi Pengembangan Bisnis pada Hotel Prima Gaya di Kabupaten Kendal dengan Pendekatan Business Model Canvas

WIWIT FERONIKA

Informasi Dasar

13.04.525
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi persaingan hotel di Kabupaten Kendal semakin tinggi. Hotel Prima Gaya merupakan salah satu hotel dari 21 hotel yang ada di Kabupaten Kendal. Tingginya tingkat persaingan dan pangsa pasar yang semakin tumbuh membuat Hotel Prima Gaya harus melakukan strategi untuk memenangkan persaingan untuk meningkatkan pendapatan dan menjangkau pelanggan baru. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Hotel Prima Gaya jika ditinjau dari aspek-aspek pada Business Model Canvas dan mengetahui strategi bisnis yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan di Hotel Prima Gaya. Dalam merumuskan strategi, peneliti harus menggunakan sembilan building block Business Model Canvas antara lain Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif dengan melakukan wawancara, semi struktur sedangkan kuantitatif melakukan pembagian kuesioner. Kemudian analisisnya menggunakan Business Model Canvas yang setiap building block juga dianalisis dengan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran model bisnis Hotel Prima Gaya saat ini sudah baik jika ditinjau dari aspek-aspek Business Model Canvas. Saran kepada Hotel Prima Gaya yaitu sebaiknya Hotel Prima Gaya menerapkan strategi yang dibuat oleh penulis yang berpedoman pada teori Osterwalder & Pigneur yakni perlu memberikan fasilitas-fasilitas tambahan dengan memanfaatkan sumber daya fisik yang ada untuk menambah pendapatan dan menjangkau pelanggan baru. Fasilitas tambahan tersebut seperti restoran dan hall untuk menjadikan Hotel Prima Gaya menjadi hotel bintang tiga sehingga hotel mendapat tambahan pendapatan. Selain itu, Hotel juga bisa menambahkan mitranya seperti agen travel wisata agar jangkauan pelanggan lebih luas dan menambah segmen pelanggan baru.

Kata Kunci : Business Model Canvas, Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, Cost Structure.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
HOTEL INDUSTRY

Katalog

Strategi Pengembangan Bisnis pada Hotel Prima Gaya di Kabupaten Kendal dengan Pendekatan Business Model Canvas
 
xiv, 136p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIWIT FERONIKA
Perorangan
Ratna L Nugroho
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini