Pengaruh Perubahan Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group)

ABDURRACHMAN ARSYAD

Informasi Dasar

13.04.526
658.402
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Globalisasi ekonomi, yang memungkinkan adanya pasar bebas dimana para pelaku bisnis dituntut untuk lebih kreatif dalam persaingan bisnis. Lingkungan yang makin dinamis membuat perusahaan mau tidak mau melakukan perubahan organisasi agar dapat tetap bertahan di dalam persaingan bisnis. Tetapi fakta yang ada di lapangan, saat perubahan organisasi dilakukan, resistensi karyawan kerap terjadi karena tidak semua orang bisa menerima sebuah perubahan dengan baik, dan ini berdampak pada kinerja karyawan perusahaan tersebut. Latar belakang dipilihnya PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group sebagai objek penelitian adalah karena PERTAMINA merupakan perusahaan besar yang melakukan perubahan organisasi sejak tahun 2006 sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejau mana pengaruh perubahan organisasi berupa reward, leadership, organization culture, dan policy terhadap kinerja karyawan PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausal dan deskirptif. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada 31 responden yang merupakan karyawan organik PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh atau sensus. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Sedangkan dalam proses pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 19 for Windows dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan organisasi mempunyai pengaruh sebesar 33,9 % terhadap kinerja karyawan PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group dan sisanya 66,1 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sebagai perusahaan energi kelas dunia, PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group sebaiknya lebih memperhatikan implementasi perubahan organisasi agar resistensi karyawan terhadap perubahan bisa ditekan dan kinerja karyawan semakin meningkat. Disamping itu dibutuhkan kerjasama dari semua pihak yang ada di PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group agar perubahan organisasi sesuai target dan perencanaan. Kata Kunci: Organisasi, Perilaku Organisasi, Perubahan Organisasi, Kinerja Karyawan, Regresi Liner Sederhana

Subjek

INTERNAL REORGANIZATION
PERFORMANCE APPRAISAL, PERSONNEL MANAGEMENT

Katalog

Pengaruh Perubahan Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PERTAMINA Terminal Bahan Bakar Minyak Bandung Group)
 
x, 119p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDURRACHMAN ARSYAD
Perorangan
Djoko Wahjuadi
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini