PERANCANGAN KENDALI DAN IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IoT) PADA PEMANTAUAN KADAR PH DAN SALINITAS AIR TAMBAK UDANG (CONTROL DESIGN AND IMPLEMENTATION OF INTERNET OF THINGS (IoT) FOR PH AND SALINITY MONITORING SHRIMP POND)

ANGGA PUTRA PAMUNGKAS

Informasi Dasar

21.04.4852
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Udang merupakan hewan yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena Indonesia sendiri memiliki 75% laut yang menyimpan banyak sekali biota laut dan salah satunya udang. sebagai sumber protein yang tinggi perlu diperhatikan kesegaran udang agar kandungan protein tetap terjaga. Sebagai konsumen tentunya kita mengharapkan kualitas udang yang baik dan segar, tetapi para petani tambak udang memiliki permasalahan setiap tahunnya yaitu adalah gagal panen yang disebabkan oleh penurunan kadar pH dan salintas yang membuat banyak udang di dalam tambak udang mati dan juga kulit mereka yang mengelupas dikarenakan perbedaan kadar pH dan salinitas air yang jauh dari kondisi yang seharusnya kadar pH diangka 7 - 8 dan salinitas diangka 200-300 ppm. Maka dari itu kebutuhan para petani tambak udang yaitu bisa mengetahui dan mengatur kadar pH dan salinitas secara cepat agar kondisi udang di dalam tambak tidak terlalu lama dalam kondisi kadar pH dan salinitas air yang kurang. Pada penelitian tugas akhir ini telah merancang prototype alat untuk memantau dan mengontrol kadar pH dan salinitas air pada kolam prototype tambak udang, berfungsi sebagai menjaga kualitas air pada kolam selalu terjaga agar kualitas udang yang dihasilkan baik dan segar. Prinsip kerja dari prototype yang akan dibentuk sendiri adalah dengan menggunakan dua sensor yang berfungsi membaca kadar pH dan salinitas air, lalu akan diolah dimikrokontroler lalu dari data tersebut dikirimkan ke database dan nilai dari pembacaan sensor tadi juga menjadi set point untuk pompa air bekerja dalam menjaga kadar pH dan salinitas dengan metode penggantian air di dalam kolam atau wadah. Berdasarkan hasil dari implementasi pemantauan dan sistem kendali air pada kolam prototype tambak udang, agar dapat menjaga kadar pH dan salinitas pada kondisi ideal menggunakan parameter PID pada pH yaitu Kp = 1, Ki = 0.061, dan Kd = 1. Untuk parameter PID pada sistem kendali kadar salinitas sendiri yaitu Kp = 0.27, Ki = 0.020, dan Kd = 0.3, dengan parameter tersebut sistem kendali pada kadar pH dan salinitas berjalan dengan baik.

Subjek

CONTROL SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN KENDALI DAN IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IoT) PADA PEMANTAUAN KADAR PH DAN SALINITAS AIR TAMBAK UDANG (CONTROL DESIGN AND IMPLEMENTATION OF INTERNET OF THINGS (IoT) FOR PH AND SALINITY MONITORING SHRIMP POND)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGA PUTRA PAMUNGKAS
Perorangan
Faisal Budiman, Muhammad Ridho Rosa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini