Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan LCC di Indonesia Berdasarkan Persepsi Konsumen Pada Tahun 2019

GHUFRON SYAFIQ ALKAUTSAR

Informasi Dasar

129 kali
21.06.592
338.47
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK Transportasi udara niaga dewasa ini mengalami perkembangan pesat, hal tersebut dapat dilihat dari banyak perusahaan atau maskapai penerbangan yang melayani jasa penerbangan ke berbagai rute penerbangan baik domestik maupun internasional. Perkembangan yang semakin pesat pada bisnis penerbangan di Indonesia, membuat konsumen ingin memiliki pilihan yang lebih banyak mengenai perusahaan – perusahaan maskapai Low Cost Carrier untuk jasa transportasi udara mereka, tentu dengan beberapa pertimbangan. Beberapa pertimbangan konsumen adalah tingkat kecelakaan dan kualitas pelayanan yang minim. Hal ini menjadi histori pada suatu maskapai dan kualitas pelayanan yang dimiliki oleh setiap maskapai bertarif rendah yang ada di indonesia. Banyaknya keluhan yang diberikan konsumen akan berdampak pada tingkat kepuasaan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Untuk mengetahui Kualitas layanan Maskapai Penerbangan LCC di indonesia peneliti melakukan pengukuran dengan menggunakan kuesioner. Masing-masing pernyataan disertai empat perkemungkinan jawaban yang harus dipilih dan dianggap sesuai dengan penilaian responden. Berdasarkan hasil uji pada dimensi Kualitas Pelayanan antara lain dimensi Tangible, Emphaty, Reability, Responsiveness, Assurance masing – masing memiliki nilai kinerja “Baik”. Sedangkan untuk hasil uji Kualitas Pelayanan secara keseluruhan didapatkan rata rata skor 0,745 sehingga variabel ini masuk kedalam kategori “Baik” dengan persentase 74,5 %.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Maskapai Penerbangan LCC, Kepuasan Konsumen.

Subjek

SERVICE QUALITY
 

Katalog

Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan LCC di Indonesia Berdasarkan Persepsi Konsumen Pada Tahun 2019
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHUFRON SYAFIQ ALKAUTSAR
Perorangan
Ganjar Mohammad Disastra
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini