Kesadaran akan pentingnya pemahaman konsep kimia dan aplikasinya seperti senyawa hidrokarbon dan turunannya adalah salah satu tujuan penting dari pembelajaran kimia. Agar mudah dalam mempelajari kimia hidrokarbon dan turunannya, maka perlu strategi yang tepat dalam menyampaikan konsep tersebut, oleh karenanya perlu alat bantu untuk mencapai pembelajaran yang baik. Berbagai konsep kimia yang abstrak harus dijadikan lebih sederhana untuk dipahami. Maka dari itu, peranan alat peraga kimia dan penggunaan teknologi informasi pada pembelajaran kimia dirasa sangat penting. Pembelajaran berbasis Augmented Reality dapat membuat pelajaran kimia bagi siswa SMA lebih menarik dan mudah dipahami.
Merupakan sebuah aplikasi Pembelejaran kimia hidrokarbon Berbasis Augmented Reality yang menampilkan senyawa dalam bentuk 3D (Tiga Dimensi) dan suara pada setiap halaman. Aplikasi ini juga menampilkan sebuah kuis dan materi yang interaktif demi menunjang pembelajaran siswa. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity dan Objek 3D. Marker yang digunakan merupakan sebuah inovasi dari pembelajaran kimia hidrokarbon yang menampilkan objek berbeda sesuai senyawa hidrokarbon, atau dapat disebut dengan multiple marker. Ketika pengguna mengarahkan kamera android ke arah marker, maka terjadi proses pemindaian. Setelah itu layar android menampilkan objek animasi 3D yang terdapat dalam marker berbentuk kartu.
Dari hasil pengujian alpha, aplikasi dapat berjalan dengan baik dan hasil pengujian beta usability testing menggunakan metode USE Questionnaire dengan skor rata-rata 86,2% berada pada kategori Sangat Setuju, menunjukan bahwa aplikasi HAR berjalan dengan baik sebagaimana mestinya dan sesuai dengan rancangan.
Kata Kunci: Augmented Reality (AR), Unity dan Android, Kimia Hidrokarbon , Alkana