SISTEM PEMANTAUAN BUS AKAP MENGGUNAKAN IOT

FARID AGAM AZALI

Informasi Dasar

21.04.4890
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Konsumen bus di Indonesia pada periode tahun 2017-2018 rata-rata harian normal sebanyak 116.989 penumpang. Hal tersebut menguntungkan banyak pihak namun menimbulkan beberapa masalah, salah satunya adalah pengangkutan penumpang gelap yang dapat merugikan pengelola bus dan meresahkan konsumen. Masalah ini terjadi karena kurangnya pengawasan pengelola bus terhadap bus selama beroperasi.

kurangnya pengawasan diakibatkan oleh jarak yang meneyebabkan pengelola bus tidak dapat memantau bus secara langsung. Jarak tersebut dapat ditiadakan jika ada pengawas khusus pada bus atau disediakan sistem komunikasi data untuk mengetahui informasi operasional bus pada saat beroperasi. Salah satu sistem yang dapat diterapkan adalah Internet of Things (IoT).

Pada tugas akhir ini dibuat sistem untuk menyelesaikan masalah tersebut menggunakan IoT yang dapat memantau bus selama beroperasi. Sistem ini menggunakan Ocupant Detection System (ODS) dan Data Collector pada bus untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan di bus, FireBase database sebagai layanan cloud untuk menyimpan data sementara, Google Spreadsheet dan maps sebagai pengolah data, dan website yang dibuat menggunakan Wix.com sebagai penampil data terproses. dengan spesifikasi tersebut, sistem ini mampu memantau jumlah penumpang tanpa kesalahan, mampu mengetahui lokasi dan jalur yang dilalui oleh bus karena error GPS yang terbesar hanya mencapai 0,0006191% atau sekitar 4,7 meter, dan data terproses dapat ditampilkan dengan baik pada website yang telah dibuat.

Kata Kunci: IoT, penumpang illegal, internet, bus

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

SISTEM PEMANTAUAN BUS AKAP MENGGUNAKAN IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARID AGAM AZALI
Perorangan
Junartho Halomoan, Porman Pangaribuan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

  • ETH3B3 - ANTARMUKA DAN INTEGRASI SISTEM
  • BUG1A2 - BAHASA INDONESIA
  • ELG4A3 - INTERFACING PERANGKAT
  • EL3113 - MIKROKONTROLER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini