Pengaruh Experiential Marketing terhadap Customer Equity (studi kasus pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia, AirAsia dan LionAir dengan rute penerbangan domestik)

PUTU ADI RADIT TENAYA

Informasi Dasar

13.04.542
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berbagai cara dan strategi dilakukan beberapa maskapai penerbangan mulai dari tiket murah, promo khusus, dan lain sebagainya. Yang mengakibatkan pelayanan yang diberikan harus berkualitas agar semakin tertariknya para calon konsumennya. Selain sebuah pelayanan akan lebih bagus jika masing-masing maskapai menambah akan strategi-strategi baru sepertihalnya experiential marketing dan customer equity yang artinya berorientasi kepada memberikan sebuah pengalaman menarik yang dapat menimbulkan perasaan senang pada masing-msing pelanggan baik secara langsung ataupun secara tidak langsung. Di Indonesia sudah cukup banyak maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Lion Air dan Air Asia yang saling bersaing memperebutkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Experiential Marketing terhadap Customer Equity pada maskapai Garuda Indonesia, Lion Air dan Air Asia. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan menggunakan skala interval dan menggunakan teknik analisi SEM dangan jumlah sample sebangak 290 konsumen. Untuk hasil hipotesis pada masing-masing perusahaan yaitu : untuk Garuda Indonesia koefisien variable laten Strategic experience moduls (SEMs) dan Experience provider (ExPros) terhadap Costumer Equity t hitung sebesar 3.236 dan 2.345 lebih besar dari batas kritis yang ditentukan yaitu 1.96. Air Asia koefisien variable laten Strategic experience moduls (SEMs) dan Experience provider (ExPros) terhadap Costumer Equity dengan nilai t hitung sebesar 2.494 dan 4.320. Sedangkan untuk Lion Air koefisien variable laten Strategic experience moduls (SEMs) dan Experience provider (ExPros) terhadap Costumer Equity sebesar 0.13 dan 0.21 dengan nilai t hitung sebesar 1.360 dan 1.711 lebih kecil dari batas kritis yang ditentukan yaitu 1.96. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Experiential Marketing berpenaruh signifikan positif terhadap Customer Equity pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Air Asia, kecualipada Lion Air. Keyword : Experiential Marketing, Customer Equity

Subjek

MARKETING STRATEGY
CONSUMER ATTITUDES, CONSUMER LOYALTY

Katalog

Pengaruh Experiential Marketing terhadap Customer Equity (studi kasus pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia, AirAsia dan LionAir dengan rute penerbangan domestik)
 
xxii, 194p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTU ADI RADIT TENAYA
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini