PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI GALAMAI MAKANAN TRADISIONAL KHAS KOTA PAYAKUMBUH

ALIF PRATAMA

Informasi Dasar

90 kali
22.04.026
688.9
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gelamai adalah makanan tradisional khas Kota Payakumbuh yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota tersebut, dan gelamai memiliki bahan dasar tepung beras, gula merah, dan santan. Di Kota Payakumbuh terdapat salah satu produsen gelamai terbesar, yaitu Gelamai Erina yang sudah ada sejak tahun 1980. Gelamai Erina sangat berpotensi untuk dipasarkan secara luas karena memiliki nama yang besar dan pembuatannya yang masih menggunakan cara yang tradisional untuk menjaga cita rasa yang khas sehingga tidak berubah sejak dulu. Permasalahan yang dialami oleh berbagai macam gelamai yang ada di Kota Payakumbuh adalah masih banyak yang belum memiliki kemasan yang layak dan media promosi yang baik untuk meningkatkan pemasaran secara luas, termasuk Gelamai Erina. Perancangan kemasan Gelamai Erina dilakukan dengan metode kualitatif, dan melakukan proses pencarian data dengan studi literatur yang relevan, observasi, dan wawancara kepada pemilik Gelamai Erina, karyawan, dan juga konsumen. Menentukan target audiens, membuat analisis terhadap proyek sejenis, dan menganalisisnya dengan metode SWOT. Berdasarkan dari proses yang ada di atas maka perlu dilakukan untuk merancang desain kemasan yang baik dan menarik, dan menggunakan material bahan yang kuat untuk melindungi gelamai. Oleh karena itu gelamai dapat dipasarkan secara luas ke luar daerah dan secara online.

Subjek

PACKAGING- DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI GALAMAI MAKANAN TRADISIONAL KHAS KOTA PAYAKUMBUH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIF PRATAMA
Perorangan
ARRY MUSTIKAWAN, FARIHA ERDANI NAUFALINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini