Pengaruh Penerapan Search Engine Optimization terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Mahasiswa di Kota Bandung

LANGSADEWA DAMAR HARTOMO

Informasi Dasar

127 kali
22.04.045
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

E-commerce memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis dan ekonomi negara, karena saat ini adalah era dimana hampir seluruh aktivitas manusia dilakukan secara digital. Meningkatnya pengguna internet mengakibatkan persaingan antar e-commerce semakin ketat, untuk dapat bersaing, e-commerce perlu melakukan cara agar dapat menarik konsumen untuk bertransaksi di situsnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan search engine optimization. Penelitian ini membahas topik search engine optimization terhadap keputusan pembelian di Shopee pada mahasiswa di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari search engine optimization terhadap keputusan pembelian di Shopee pada mahasiswa di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden pengunjung yang telah bertransaksi di Shopee. Data dari para responden didapatkan menggunakan penyebaran kuesioner secara online seperti melakukan penyebaran melalui media sosial, contohnya Instagram dan Twitter. Melalui data-data yang sudah diolah dapat diketahui bahwa pada variabel search engine optimization terdapat indikator yang paling memengaruhi yaitu mengenai pengalaman dan kepuasan dari melakukan transaksi di Shopee dengan persentase sebesar 95,1%, dan pada variabel keputusan pembelian indikator yang paling memengaruhi yaitu mengenai informasi tentang produk yang terdapat di Shopee. Skor persentase yang didapatkan oleh variabel search engine optimization adalah sebesar 91,4% dan termasuk kedalam kategori sangat setuju pada garis kontinuum, dan keputusan pembelian mendapatkan skor persentase sebesar 92,9%, termasuk juga kedalam kategori sangat setuju pada garis kontinuum. Berdasarkan hasil analisis penelitian didapatkan hasil bahwa variabel search engine optimization memberikan pengaruh signifikan positif terhadap variabel keputusan pembelian. Pada penelitian ini terdapat juga saran bahwa Shopee perlu menggunakan teknik on-page search engine optimization seperti pengembangan konten, contohnya dengan cara menampilkan produk secara visual ketika produk sedang dicari oleh konsumen. Shopee juga perlu menggunakan teknik on-page search engine optimization yang lainnya seperti penggunaan kata kunci yang sesuai, alamat url yang telah dioptimasi, dan juga konten guna meningkatkan visibilitas dari produk pada mesin pencari, sehingga dengan meningkatnya visibilitas dari produk, konsumen dapat lebih mudah dalam mengakses informasi mengenai produk tersebut. Kata Kunci: Search Engine Optimization, keputusan pembelian, pemasaran, ecommerce, Shopee.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Penerapan Search Engine Optimization terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Mahasiswa di Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LANGSADEWA DAMAR HARTOMO
Perorangan
HERRY IRAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini