Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Universitas Telkom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi MBTI

REVY SEAHIRA

Informasi Dasar

151 kali
22.04.048
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penyebaran virus COVID-19 diketahui sangat cepat dan semakin meluas ke negara lain. Berdasarkan Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (COVID-19), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia juga membuat kebijakan terkait belajar di rumah atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Universitas Telkom merupakan salah satu institusi di Indonesia yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Oleh karena itu, mahasiswa harus dapat beradaptasi dengan sistem kegiatan pembelajaran jarak jauh karena sistem ini baru dilaksanakan sejak adanya pandemi guna mengindari stres. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Universitas Telkom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan program IBM SPSS Statistik versi 25. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan hasil 95 responden. Metode sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan teknik sampling kuota. Dalam penelitian ini, sumber data primer didapatkan melalui teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket) yang diberikan kepada mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Universitas Telkom. Data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui studi literatur, data internal universitas, dan situs website Universitas Telkom dan pihak-pihak yang dianggap relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, self-efficacy berada dalam kategori sedang dengan nilai presentase sebesar 60,13%. Pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik sebesar 0,478 atau 47,8%. Sedangkan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil statistik menunjukan bahwa didapatkan t hitung (9,236) > t tabel (1,66140), artinya hipotesis alternatif atau H1 diterima maka dikatakan bahwa self-efficacy terdapat pengaruh signifikan terhadap stres akademik pada mahasiswa MBTI Universitas Telkom.

Subjek

Management - psychology
 

Katalog

Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Universitas Telkom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi MBTI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REVY SEAHIRA
Perorangan
HANI GITA AYUNINGTIAS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini