Martabak Legit adalah perusahaan perseorangan, yang dikelola oleh
Bapak. H. Muharram yang didirikan pada bulan Oktober 1993. Tingginya
tingkat persaingan di kota Bandung dalam bidang usaha yang sejenis, maka
diperlukan suatu usaha untuk menjaga eksistensi usaha, diperlukan strategi
yang dapat diterapkan di masa datang, untuk itu perlu dilakukan analisis
SWOT yang komprehensif. Berbasis hasil SWOT, disusun rencana
pengembangan model bisnis dengan pendekatan business model canvas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
kondisi model bisnis Martabak Legit dilihat dari pendekatan Business Model
Canvas, Strength, Weakness, Opportunity dan Threats (SWOT) pada
Martabak Legit, dan model bisnis Martabak Legit yang dikembangkan
dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif, tehnik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis model bisnis kanvas
yaitu: analisis yang diperoleh dari informan kunci yang memilki keterkaitan
langsung dengan objek penelitian terutama yang berhubungan dengan 9
(sembilan) elemen dalam model bisnis kanvas